Monday, August 8, 2011

Fairytale



Mendengarkan cerita kehebatan seorang pahlawan atau dongeng yang melegenda memang sangat menyenangkankan. Bagaimana membayangkan segala perbuatannya untuk melindungi yang lemah dan menumpas kejahatan. Hal yang sama persis ketika sore tadi mendengarkan cerita tentang ayah saya dari saudara saya atau biasa saya panggil simbah Sis. Cerita yang sama persis diulang-ulang tiap tahun oleh Beliau. Kunjungan yang biasanya hanya sekali setahun. Sebuah percakapan tentang pembandingan setiap apa-apa yang saya miliki baik itu sifat maupun perilaku dengan ayah saya dengan diselingi sedikit tetesan air mata pada setiap adegan untuk kemudian tersenyum kembali. Imajinasi saya berpikir keras untuk bisa kembali ke masa lalu. Mencoba menyelami kembali apa-apa yang dulu pernah ayah saya lakukan melalui cerita Beliau. Membayangkan betapa gagahnya beliau ketika harus bekerja demi kami sekeluarga. Kebetulan ayah saya berperan sebagai seorang guru matematika di sebuah sekolah swasta waktu itu dan sebuah kebetulan pula ketika beliau harus meninggal dari pekerjaannya tersebut.

Ayah  saya meninggalkan saya ketika saya berada di bangku SD kelas 5. Sebuah situasi yang sangat sulit dipahami bagi saya sendiri untuk mengerti akan artinya kehilangan. Yang saya ingat waktu itu hanya tangisan dari ibu saya yang tak henti-henti. Banyak yang datang menghampiri saya untuk sekedar berkata"yang sabar ya.." yang bagi saya sendiri tidak saya ketahui maksudnya. Sebuah kepolosan sorang anak berumur 11 tahun ketika memandang sebuah tubuh kaku yang diselimuti oleh kain jarik berwarna coklat tua, ya.. itulah jenazah ayah saya.

Cerita ini bukan maksud untuk mengganggu mu dialam sana. Tetap lah disana dengan tenang. Soon I'm going there too, just to meet up with you.  So many things that i wanna share with you. Just wait me there dad.

*sebuah kisah yang mungkin tidak akan pernah selesai untuk saya tulis secara detail, but i still keep it in my mind and i'll let it be there..



-------------------
image source: grocery bone

No comments: